Unira Malang Menjadi Finalis Kompetisi Agroteknologi Nasional

berita terbaru nu kita
Tiga delegasi mahasiswa Agroteknologi Unira Malang saat mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah dan Prototype Market di acara Caping Tani 2017. (Foto: Nukita.id)
Minggu, 29 Oktober 2017 - 15:00 WIB | Dilihat: 9.85k

NUKITA.ID, SURAKARTAAgroteknologi atau Agroekoteknologi merupakan program studi yang mendalami bidang pertanian. Adalah Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang yang menjadi finalis 20 besar di acara Caping Tani 2017 "Competetition of Agrotechnology/Agroecotechnology Program in National Colaboration with Formatani", Surakarta (24-29/10/2017).

 
Itu setelah Unira Malang mengirimkan tiga delegasi mahasiswa dari jurusan Agroteknologi. Yakni, Irenna Wahida Mumtaza, Yusuf Candra Ardians, dan Evi Dwi Safitri.
 
Sebelum menjadi finalis 20 besar, setidaknya ada 40 Universitas se-Indonesia yang memiliki jurusan Agroteknologi baik negri maupun swasta termasuk UB, UMM, Unisma, dan Unutri dari Malang yang belum mampu masuk final.
 
Unira Malang harus puas dengan meraih kursi ke 11 di ajang tahunan tingkat nasional sebagai satu-satunya kampus di Kabupaten Malang yang mampu menembus 20 besar Caping Tani 2017 setelah mempresentasikan karya tulis dan memamerkan "prototype market" dan produk didepan sekira 200 pasang mata yang hadir dalam acara tersebut.
 
Caping Tani 2017 merupakan sebuah ajang tingkat nasional yang berbentuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Format (Forum Mahasiswa Agroteknologi) Universitas Sebelas Maret Surakarta berkolaborasi dengan Formatani (Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia).
 
Format sendiri adalah suatu forum organisasi yang dimiliki oleh Jurusan Agroteknologi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
 
Sedangkan Formatani merupakan organisasi independen yang mengedepankan keprofesian ditingkat program studi atau jurusan dengan berasaskan Pancasila serta berlandaskan UUD 1945 dan Tridharma Perguruan Tinggi.
 
Acara yang bertempat di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta ini dibuka langsung oleh Kaprodi Agroteknologi Universitas Sebelas Maret Surakarta Prof Dr Ir Hadiwiyono pada tanggal 24 Oktober 2017 dengan pemukulan gong sebanyak 5 kali yang melambangkan pancasila.
 
Caping Tani 2017 ditutup pada 29 Oktober 2017 oleh Sekretaris Jenderal Formatani, Muhammad Sholehuddin disertai dengan pemberian cinderamata kepada perwakilan delegasi dari masing-masing Universitas.
 
Dalam Caping Tani 2017 tersebut ada serangkaian acara diantaranya Pelatihan Keprofesian pada tanggal 27 oktober 2017, Bazar dan Pameran pada tanggal 26-27 Oktober, Seminar Nasional pada tanggal 28 Oktober 2017, dan City Tour Kampung Batik Lawean dan Keraton Surakarta pada tanggal 29 Oktober 2017.(*)

Pewarta : Dena Setya Utama
Editor : Yatimul Ainun
Tags : , , , , , , ,

Comments: